Costumer Relationship Management
Hari rabu tanggal 28 Mei 2013 kemarin, dikelas
E-bussines E-commerce sedang melakukan diskusi mengenai CRM. Apa sich CRM
itu???
CRM atau yang sering
dikenal dengan Costumer Relationship Management merupakan sistem
informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan
mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam
sebuah organisasi (www.wikipedia.com). CRM
merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan
pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran
melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan
ini memungkinakan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah
terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang
berkelanjutan. Dalam CRM lebih menekankan pada loyalitas dari pelanggan bukan
pada kepuasan pelanggannya saja.
CRM sangat dibutuhkan
oleh setiap perusahaan karena melalui cara ini perusahaan dapat menilai sejauh
mana pelanggan perhatian dan berminat dengan produk yang dikeluarkan. Setelah
berdiskusi tentang teori-teori dalam CRM, saya akan melanjutkan dengan
menceritakan pengalaman apa yang telah saya dapat mengenai CRM dari suatu
perusahaan.
Saya punya pengalaman di
perusahaan dagang yang sudah memakai CRM, pengalaman yang saya miliki mengenai
CRM adalah saat saya membeli DVD atau VCD. Toko ini berdiri sejak tahun 2005, menurut saya toko ini sangat nekat sekali, di
masa pembajakan berbagi kaset di indonesia,tokoh ini masih kekeh untuk
berjualan kaset original. Di tokoh ini banyak sekali fasilitasnya seperti: kita
konsumen di perkenankan untuk mencoba berbagai kaset dulu sebelum membeli. Biasanya
pada hari sabtu malam minggu diadakan berbagai event seperti live musik, dance,
dll. Tapi ada fasilitas yang sangat menarik namun kita harus mendaftar menjadi
member dulu. Pendaftarannya sangat mudah dengan mengisih kuisioner di komputer
yang di sediakan di toko itu, lalu kita membayar uang pendaftaran sebesar Rp
50.000,00. Kegunaanya dari kartu member ini antara lain :
1. Kita dapat info kaset
baru dengan sms.
2. Kita dapat potongan
2%.
3. Kalau ada event-event
tertentu, kita akan di hubungi.
4. Kalau kita beli 5
kaset vcd music mendapatkan bonus 1 kaset.
5. Bebas parkir.
Dengan kartu member ini, sangat memudahkan dalam hubungan antara toko dengan
pelanggan. Jika kartu member kita telah memasuki masa kadaluarsa, kita harus melakukan
perpanjangan untuk 1 tahun dengan membayar Rp 50.000,00 secara otomatis kartu
member kita menjadi aktif kembali.
Pengalaman lain yang
pernah saya rasakan adalah saat saya menjadi salah satu member dari restoran
cepat saji KFC. Saat menjadi member disana, saya mendapatkan bonus Goceng (lima
ribuan) tiap minggunya selama satu tahun setiap kali saya mendapat sms dari KFC
(syarat pengambilan goceng). Dan saat saya berulang tahun, saya mendapatkan
paket ulang tahun berupa 9 potong ayam ditambah dengan nasi dan softdrink juga
. Ternyata banyak juga pengusaha yang mulai menerapkan CRM dalam perusahaannya.
Dan apa yang telah mereka lakukan itu pastinya akan membuat pelanggan setia
dengan usahanya itu aslakan dilakukan dengan cara yang baik dan benar juga.
Sekian pengalaman yang bisa daya bagikan mengenai CRM.
Ini ceritaku, apa ceritamu??
Krisna Langit Hariadi
A.2011.1.31759
STIE Malangkuçeçwara School of Economics
Ini ceritaku, apa ceritamu??
A.2011.1.31759
STIE Malangkuçeçwara School of Economics
Tidak ada komentar:
Posting Komentar