Minggu, 02 Juni 2013

..:: My Story About CRM Costumer Relationship Management ::..


Costumer Relationship Management 
Hari rabu tanggal 28 Mei 2013 kemarin, dikelas E-bussines E-commerce sedang melakukan diskusi mengenai CRM. Apa sich CRM itu???
CRM atau yang sering dikenal dengan Costumer Relationship Management  merupakan sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi (www.wikipedia.com). CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan. Dalam CRM lebih menekankan pada loyalitas dari pelanggan bukan pada kepuasan pelanggannya saja.
CRM sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena melalui cara ini perusahaan dapat menilai sejauh mana pelanggan perhatian dan berminat dengan produk yang dikeluarkan. Setelah berdiskusi tentang teori-teori dalam CRM, saya akan melanjutkan dengan menceritakan pengalaman apa yang telah saya dapat mengenai CRM dari suatu perusahaan.       
Saya punya pengalaman di perusahaan dagang yang sudah memakai CRM, pengalaman yang saya miliki mengenai CRM adalah saat saya membeli DVD atau VCD. Toko ini berdiri sejak tahun 2005,  menurut saya toko ini sangat nekat sekali, di masa pembajakan berbagi kaset di indonesia,tokoh ini masih kekeh untuk berjualan kaset original. Di tokoh ini banyak sekali fasilitasnya seperti: kita konsumen di perkenankan untuk mencoba berbagai kaset dulu sebelum membeli. Biasanya pada hari sabtu malam minggu diadakan berbagai event seperti live musik, dance, dll. Tapi ada fasilitas yang sangat menarik namun kita harus mendaftar menjadi member dulu. Pendaftarannya sangat mudah dengan mengisih kuisioner di komputer yang di sediakan di toko itu, lalu kita membayar uang pendaftaran sebesar Rp 50.000,00. Kegunaanya dari kartu member ini antara lain :
1. Kita dapat info kaset baru dengan sms.
2. Kita dapat potongan 2%.
3. Kalau ada event-event tertentu, kita akan di hubungi.
4. Kalau kita beli 5 kaset vcd music mendapatkan bonus 1 kaset.
5. Bebas parkir.
Dengan kartu member ini, sangat memudahkan dalam hubungan antara toko dengan pelanggan. Jika kartu member kita telah memasuki masa kadaluarsa, kita harus melakukan perpanjangan untuk 1 tahun dengan membayar Rp 50.000,00 secara otomatis kartu member kita menjadi aktif kembali.
Pengalaman lain yang pernah saya rasakan adalah saat saya menjadi salah satu member dari restoran cepat saji KFC. Saat menjadi member disana, saya mendapatkan bonus Goceng (lima ribuan) tiap minggunya selama satu tahun setiap kali saya mendapat sms dari KFC (syarat pengambilan goceng). Dan saat saya berulang tahun, saya mendapatkan paket ulang tahun berupa 9 potong ayam ditambah dengan nasi dan softdrink juga . Ternyata banyak juga pengusaha yang mulai menerapkan CRM dalam perusahaannya. Dan apa yang telah mereka lakukan itu pastinya akan membuat pelanggan setia dengan usahanya itu aslakan dilakukan dengan cara yang baik dan benar juga. Sekian pengalaman yang bisa daya bagikan mengenai CRM.
Ini ceritaku, apa ceritamu??


Krisna Langit Hariadi
A.2011.1.31759

STIE Malangkuçeçwara School of Economics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar