Pada saat ini banyak orang yang sangat disibukkan oleh pekerjaannya sehingga lebih memilih segala sesuatunya mudah, simpel dan efisien. Contohnya dalam hal makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk membuat bisnis restoran dengan menyediakan fasilitas delivery order.
1. What
Dari modal materi yang telah saya kumpulkan sebelumnya. Saya akan mencoba membuka usaha rumah makan. Saya memilih usaha ini karena prospek dari usaha rumah makan ini sangat bagus. sesuai namanya, Peluang usaha kuliner ini menawarkan kelezatan lain dari makanan favorit sebagian besar masyarakat, yaitu ayam. Mengapa saya membuat usaha dengan bahan baku utamanya ayam?? karena ayam merupakan makanan favorit banyak orang. selain itu dengan bahan baku ayam, saya dapat berinovasi menu dengan bahan baku tersebut. Dimana bukan hanya dagingnya saja yang bisa anda nikmati tapi sampai ke tulang-tulangnya!. Hmm …. tentu rasanya semakin lezat plus dapat gizi tambahan seperti kalsium dan vitamin lainnya yang terdapat pada tulang ayam. Dan Ayam tulang lunak merupakan salah peluang usaha kuliner berbasis ayam yang dapat dimakan sampai ke tulang-tulangnya.
Dari modal materi yang telah saya kumpulkan sebelumnya. Saya akan mencoba membuka usaha rumah makan. Saya memilih usaha ini karena prospek dari usaha rumah makan ini sangat bagus. sesuai namanya, Peluang usaha kuliner ini menawarkan kelezatan lain dari makanan favorit sebagian besar masyarakat, yaitu ayam. Mengapa saya membuat usaha dengan bahan baku utamanya ayam?? karena ayam merupakan makanan favorit banyak orang. selain itu dengan bahan baku ayam, saya dapat berinovasi menu dengan bahan baku tersebut. Dimana bukan hanya dagingnya saja yang bisa anda nikmati tapi sampai ke tulang-tulangnya!. Hmm …. tentu rasanya semakin lezat plus dapat gizi tambahan seperti kalsium dan vitamin lainnya yang terdapat pada tulang ayam. Dan Ayam tulang lunak merupakan salah peluang usaha kuliner berbasis ayam yang dapat dimakan sampai ke tulang-tulangnya.
2. When
bisnis restoran ini akan segera saya mulai secepatnya jika modal yang dikumpulkan telah terkumpul dan telah menemukan tempat yang strategis untuk memulai bisnis ini.
3. Where
Bisnis offline apapun, lokasi adalah hal nomor satu. Maka kami mencari lokasi yang strategis, ditempat keramaian dan sasaran yang banyak ditempati oleh kawula muda. Misalnya daerah ramai disekitar kampus, dekat kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang. Meskipun sebagai konsekuensinya harus mempersiapkan modal yang tak sedikit untuk lokasi ini. Maka kita memilih tempat srategis tersebut di daerah Soekarno Hatta.
Bisnis offline apapun, lokasi adalah hal nomor satu. Maka kami mencari lokasi yang strategis, ditempat keramaian dan sasaran yang banyak ditempati oleh kawula muda. Misalnya daerah ramai disekitar kampus, dekat kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang. Meskipun sebagai konsekuensinya harus mempersiapkan modal yang tak sedikit untuk lokasi ini. Maka kita memilih tempat srategis tersebut di daerah Soekarno Hatta.
4. How
A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal, bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, dari 5 orang 3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya 2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan. Langkah – langkah yang akan saya lakukan untuk memulai usaha ini diantaranya:
1. Memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau.
2. Mencari karyawan yang gigih, jujur, ramah, dan pekerja keras.
3. Mendesain tempat yang menarik, bersih, dan nyaman.
4. Membuat menu dengan nama-nama yang menarik.
5. Memperkenalkan rumah makan dengan iklan iklan, promosi, dan lain-lain.
6. Membuat inovasi-inovasi yang kreatif dalam penjualan.
Tetapi yang terpenting dalam membuka usaha rumah makan ini adalah berani mencoba berinovasi, perhitungan pendapatan dan pengeluaran yang cermat, dan yang paling penting makanan yang enak.
B. Aspek Pemasaran
1. Target Pasar
yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Restoran bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan restauran tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi. Target pasar dari bisnis kami ini adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin mencicipi sensasi baru makan ayam.
2. Konsep pemasaran
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, kita mensurvai para pesaing-pesaing kita. Menentukan 10 menu terpopuler untuk menu di restoran kita. Nah, khusus, ke 10 menu itu, kita mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, dengan melakukan inovasi. Seperti, bagaimana caranya membuat ayam tulang lunak dengan berbagai varian agar terlihat berbeda dan lebih unik serta kalau bisa didukung dengan harga yang murah.
3. Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita melakukan survei dan membandingkannya dengan strategi harga kita. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Kita mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan hidangan murah. Bahkan bisa saja komponenen menu yang salah. Di sini kita melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan restoran lainnya.
4. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Untuk menjadi pengusaha Restoran tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, kita bisa melakukan perekrutan.
C. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 2.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 10.000.000,00
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 2.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 10.000.000,00
5. For whom
Target pasar kami adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga, karena restoran kami menyediakan fasilitas delivery order. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kalangan masyarakat yang memiliki waktu luang untuk datang di restoran kami dengan mengajak keluarga mereka. Dan tidak ketinggalan target pasar utama kami yaitu para kawula muda seperti mahasiswa yang ingin kumpul-kumpul bersama teman-teman mereka sambil menyantap hidangan yang kami sediakan. Untuk memeriahkan suasana dan menarik pengunjung, kami juga memberikan fasilitas wifi gratis serta live music.
Target pasar kami adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga, karena restoran kami menyediakan fasilitas delivery order. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kalangan masyarakat yang memiliki waktu luang untuk datang di restoran kami dengan mengajak keluarga mereka. Dan tidak ketinggalan target pasar utama kami yaitu para kawula muda seperti mahasiswa yang ingin kumpul-kumpul bersama teman-teman mereka sambil menyantap hidangan yang kami sediakan. Untuk memeriahkan suasana dan menarik pengunjung, kami juga memberikan fasilitas wifi gratis serta live music.
6. Visi misi ke depan
Visi :
” Mewujudkan Restoran Ayam Tulang Lunak sebagai restoran yang akan susses di pasaran yang bernuansa tradisional namun berwawasan internasional ”.
Misi :
- 1. Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
- 2. Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
- 3. Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
- 4. Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar